Home » Cara » Cara Install Android 11 dan Fitur Terbaru Yang Harus Kalian Ketahui

Cara Install Android 11 dan Fitur Terbaru Yang Harus Kalian Ketahui

Cara Install Android 11

Fitur terbaru dari Android 11 versi beta ini ingin kamu coba install ?

Lalu apakah kamu memiliki smartphone Google Pixel? 

Jika iya, maka kamu bisa mencoba fitur baru Android 11. Seperti yang sudah ramai dikabarkan bahwa Google telah merilis versi beta untuk publik dan dibawah ini kamu akan mendapatkan cara menginstal versi uji coba ini.

Cara Instal Android 11 Beta

Google datang membawa kabar tentang rilis Android 11 versi beta untuk publik, rencananya versi terbaru ini baru akan dirilis secara resmi pada akhir tahun ini. 

Dengan versi uji coba, kamu bakalan bisa mencoba semua fitur baru yang ada pada Android 11 ini. Jadi kamu bisa menjadi orang-orang yang pertama “mencicipi” sebelum khalayak ramai juga ikut merasakan versi resmi Android 11.

Kabarnya versi final rilis dalam beberapa bulan kedepan, maka untuk kalian yang tidak ingin mencoba versi beta, bisa menunggu untuk beberapa bulan lagi.

Android 11 Untuk Selain Google Pixel

Kabar baiknya, tidak hanya Google Pixel saja yang bisa digunakan untuk merasakan Android 11, tentu saja, Android 11 beta akan bekerja pada produsen lain yang juga akan berpartisipasi dalam program beta. 

Seperti, OnePlus, Xiaomi dan Oppo sudah mengumumkan kalau versi uji Android 11 bakalan tersedia untuk smartphone.

Dan kita berharap akan ada lebih banyak lagi produsen lain untuk bisa mengikuti uji coba ini dalam beberapa waktu yang akan datang. 

Seperti tahun lalu, dengan Android 10, perusahaan seperti Nokia, Huawei, Sony juga berpartisipasi dalam program beta.

Google Pixel Yang Support Untuk Android 11 Versi Beta

Ini dadalah daftar type smartphone Google Pixel yang tersedia untuk menguji Android 11.

  • Pixel 2 atau yang lebih baru. 
  • Google Pixel 2 
  • Pixel 2 XL 
  • Pixel 3 
  • Pixel 3 XL 
  • Pixel 3a 
  • Pixel 3a XL 
  • Pixel 4 
  • dan Pixel 4 XL 

Jika kamu memiliki salah satu device diatas maka kamu bisa menginstall Android versi terbaru ini. 

Ikuti Langkah-langkah Cara Install Android 11

  • Buka situs web beta Android resmi dan masuk dengan akun Google kalian.
  • Pilih di smartphone mana yang ingin kamu install Android 11 beta.
  • Lalu silahkan tunggu pendaftaran kamu untuk bergabung dengan program Android beta untuk disetujui.
  • Setelah Pixel kamu siap, kamu bisa membuka Settings > System > Advanced > System updates untuk memeriksa apakah pembaruan sudah tersedia.
  • Versi uji coba Android 11 sering muncul langsung di perangkat Anda. Ikuti saja petunjuk yang ada di layar kamu untuk menyelesaikan update terbaru. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk download dan menginstal versi beta.
Postingan Terkait:  Cara Gunakan Zoom : 11 Tips Terbaik untuk Kesuksesan Video Konferensi

Pastikan Ruang Penyimpanan Anda Cukup

Cara Install Android 11 yang perlu diperhatikan adalah berukuran sekitar 1,7GB, dan ukuran ini tergolong cukup besar ya. Ditambah koneksi juga harus dipastikan menggunakan jaringan Wi-Fi sebelum download. Bukan semata untuk hemat quota internet kalian, tetapi untuk kelancaran dalam pengunduhan.

Selain itu, sebaiknya buat cadangan perangkat Android kamu terlebih dahulu, karena bisa saja saat download versi uji coba mungkin saja terjadi bug dan error. 

Jadi backup data kamu sebelumnya untuk mencegah kamu kehilangan data.

Setelah Update Android 11

Setelah tadi menjelas kan Cara Install Android 11 kini kita lihat sekilas, tampaknya Android 11 merupakan update yang tidak begitu signifikan jika dibandingkan Android 10, tetapi serunya ada banyak banyak fitur baru yang bermanfaat yang diperkenalkan.

Misalnya, Android 11 menangani percakapan di aplikasi obrolan secara berbeda melalui apa yang disebut ‘bubbles’. Dengan fitur ini memungkinkan kita untuk menambahkan shortcut ke percakapan di layar.

Google juga telah melakukan peningkatan di bidang privasi. Misalnya, memungkinkan untuk memberi izin aplikasi satu kali kepada, misalnya, lokasi atau mikrofon Anda. 

Kalian juga bakal melihat tombol untuk mengontrol musik atau video di panel pengaturan cepat, dan ada menu baru untuk mengontrol smart home devices jika kita menekan dan menahan tombol power.

Cara Install Android 11 sudah kita bahas, kini kita lihat fitur apa saja yang Ada pad Android 11 ini.

11 fitur Android 11 Yang Harus Kamu Ketahui

Android 11 hadir dengan fitur kecil yang yang memudahkan aktifitas kita sehari-hari. Untuk itu, kami sudah membantu mengumpulkan fitur apa saja yang terdapat pada Android 11 ini.

1. Pesan penting mendapat prioritas

Android 11 rupanya mengutak-atik panel notifikasi. Kita bakal menemukan salah satu perubahan yang paling mencolok ketika kita menerima pesan. 

Pesan penting dari teman sekarang akan ditempatkan di bagian atas menu di bawah heading ‘Conversations’.

Dengan begitu kita bisa melihat sekilas apa yang ingin disampaikan teman, kolega, atau semua pesan yang masuk. 

Font juga menjadi lebih besar, sehingga memudahkan pengirim untuk memisahkan. Hal yang sama berlaku untuk tombol merespons, kali ini lebih menonjol di Android 11.

Postingan Terkait:  Cara Testing Suara Zoom Untuk Komputer dan Device

2. Obrolan Bubble

Apakah kamu sudah pernah menginstal Facebook Messenger di Smartphone? 

Kalau sudah, pasti kamu bakalan akrab dengan apa yang disebut ‘bubble melayang’. Ikon-ikon ini tetap ada di layar smartphone kalian, sehingga kamu dapat terus mengobrol dengan orang lain.

Nah Android 11 menambahkan fitur serupa, tetapi menyebutnya bubble obrolan. 

Intinya adalah kamu bisa menambahkan shortcut ke obrolan layar. Pengembang aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp dan Instagram, masih perlu melakukan update dan menambahkan fitur ini ke aplikasi mereka.

3. Memperbaiki Tempat Untuk Spotify dan Netflix

Android 11 berfokus pada media. Pemutar media, seperti Spotify, karenanya diberikan tempat permanen di menu pengaturan cepat. Layar ini muncul saat kamu menggeser tampilan ke bawah dari atas.

Panel kontrol ini mempunyai bentuk yang agak berbeda. Pembuat aplikasi, seperti YouTube Music dan Spotify, dapat merancang ‘panel kontrol’ sesuai keinginan mereka. Misalnya, di Spotify’s, kamu dapat menjeda dan melanjutkan musik, memundurkan dan melewati lagu.

Control panel ini juga bakal mempunyai statistik di layar notifikasi, berarti tombol untuk Spotify dan Netflix tidak lagi bergerak dari tempatnya.

Apakah kamu menggunakan banyak media player secara bersamaan? 

Maka sekarang kamu bisa swip melalui control panel. Jadi kamu bisa melakukan streaming film ke Chromecast sambil mendengarkan podcast.

4. Smart Home di bawah Jempol Kamu

Google sangat berkomitmen untuk Smart Home menu dengan Nest. Oleh sebab itu nggak heran kalau Smart Home juga diberi peran penting dalam Android 11. 

Mulai saat ini, terdapat control panel untuk Smart Home kamu di menu notifikasi ponsel Android Anda.

Dari sini kamu bisa, misalnya, menyalakan / mematikan pencahayaan, meningkatkan kecerahan atau memeriksa speaker Nest pintar kalian. 

5. Google Membantu Kita Untuk Melakukan Pengaturan

Apakah kamu memiliki HP Android Pixel, atau paling tidak menggunakan Launcher Pixel? 

Maka Google akan membantu kamu di Android 11 untuk mengatur layar beranda. How? Melalui saran aplikasi.

Saat menginstall Android 11, beberapa saran muncul untuk menempatkan pintasan ke aplikasi yang paling sering kamu gunakan di home screen. 

6. Back Screen

Back Screen adalah tempat kamu bisa melihat ringkasan aplikasi yang sedang aktif,fitur ini kembali menerima update kecil. Mulai sekarang kamu bakal menemukan tiga tombol baru di bagian bawah layar yaitu, Screenshot, Select and Share. 

7. Rekaman Layar Internal

Aplikasi rekam layar Android merupakan aplikasi yang banyak digunakan. Dan Android 11, kamu akhirnya dapat merekam layar tanpa perlu aplikasi yang terpisah. 

Untuk ponsel dengan merek tertentu seperti OnePlus atau Samsung sudah memiliki fitur ini selama beberapa waktu lau, tetapi sekarang opsi tersebut merupakan standar dalam sistem operasi Android.

Postingan Terkait:  Fitur Virtual Background Zoom, Begini Cara Menggunakannya

Fungsi seperti rekam layar ini sangat berguna jika, misalnya, kamu ingin menjelaskan kepada teman tetapi susah dijelaskan dengan teks atau pun dengan ngobrol langsung, apalagi jarak yang sangat jauh satu sama lain. 

Maka kamu bisa menjelaskan dengan cara merekam dan mengirimkan format video kepadanya. Fitur ini bisa berjalan berkat perekam layar bawaan ini.

8. Screenshot Android

Screenshoot juga terlihat sedikit berbeda dari sekarang. Setelah kamu mengambil gambar dari layar, kamu akan melihat contoh hasilnya di bagian sudut layar, dengan dua tombol yang dapat kamu bagikan atau edit gambar terlebih dahulu.

Pada bagian bawah layar, empat tombol berada di tengah. Gunakan dua di sebelah kiri untuk mengedit tangkapan layar, dua di sebelah kanan untuk membatalkan tindakan.

9. Jadwalkan Mode Gelap

Semenjak versi 10, Android memiliki mode gelap bawaan. Fitur ini adalah untuk membalikkan warna yaitu mengubah layar putih menjadi hitam dan sebaliknya. 

Dimulai dengan Android 11, kamu bisa mengatur dan menonaktifkan mode gelap ini. Misalnya, kamu dapat memilih untuk mengaktifkannya pada pukul 18:00 dan mematikan pada pukul 06.00.

10. Memberikan izin Satu Kali

Menggunakan Android ada hal yang harus di perhatikan yaitu privasi. Sebab privacy adalah salah satu pilar Android 11.

Tahun lalu, dengan versi 10, langkah-langkah signifikan sudah diambil. Bangunan di atas fondasi ini sekarang sedang berlangsung. 

Jika kamu kurang familiar dengan fitur izin ini, begini gambarannya.

Contoh: di Android 11 kamu dapat memberikan izin satu kali untuk sebuah aplikasi. Misalnya, aplikasi tersebut hanya mendapatkan izin untuk menggunakan mikrofon atau lokasi kamu sekali saja. Setelah kamu menutup aplikasi, izin dicabut lagi akses mic aplikasi tersebut otomatis juga dicabut kembali.

Fitur ini mencegah penyalahgunaan izin yang kita berikan saat meninstall aplikasi tertentu.

11. ADB Untuk Sesuatu Yang Praktis

Walaupun ini tidak digunakan oleh pengguna Android biasa, tetapi setidaknya perlu kamu ketahui bahwa fitur ADB ini digunakan oleh para pengembang.

ADB adalah Android Debug Bridge berguna untuk membantu para pengembang untuk membuat sambungan dan berkomunikasi antara telepon dan komputer.

ADB memiliki baris perintah yang membantu para pengembang, programmer ataupun mungkin user biasa untuk memasukkan perintah dan melakukan hal-hal yang mereka inginkan.

Sehingga di Android 11 ini membuat hobi kita menjadi lebih mudah. Mulai sekarang kamu dapat mengirim apa yang disebut perintah ADB ke perangkat kalian dari jarak jauh. 

Bagi pengguna ponsel biasa, ini mungkin terdengar seperti sulap, tetapi ini mungkin untuk dilakukan. Karena ADB digunakan untuk mendeteksi kesalahan dalam program, termasuk aplikasi Android.

Konten Sesuai:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.